fbpx

Overthinking Terus? Ini Solusi Mengatasinya

Overthinking bukan lagi hal yang asing bagi kita saat ini. Maraknya isu kesehatan mental, membuat banyak orang lebih waspada terhadap kondisi pikiran dan perasaan mereka, daripada hanya sekadar memikirkan kondisi fisik. Sebab, penyakit fisik pun seringkali timbul karena lelah dan sakitnya pikiran dan perasaan kita. Memikirkan sesuatu secara berlebihan, atau yang biasa kita sebut overthinking memang tidaklah menyenangkan. Apakah Anda juga ingin mendapatkan solusi untuk mengatasi problem ini? Mari simak artikel ini sampai akhir, ya!

Overthinking merupakan kebiasaan memikirkan sesuatu yang terlalu berlebihan dan tidak ada ujungnya. Biasanya, seseorang akan memikirkan sesuatu yang belum terjadi atau telah terjadi. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh perasaan kecewa, rasa sakit hati, kejadian masa lalu, khawatir akan masa depan, atau memikirkan hal-hal negatif dari kejadian yang sebenarnya belum tentu terjadi, seperti masalah pekerjaan, pendidikan, jodoh, dan lain sebagainya. Sebenarnya, overthinking ini juga ada baiknya untuk kita, karena dapat membantu otak untuk berpikir lebih jauh dari biasanya. Hanya saja akhirnya menjadi masalah ketika kita memikirkan semuanya secara berlebihan sehingga mengganggu kondisi tubuh dan psikis. Dengan demikian, kita perlu mengenali overthinking ini.

Melihat Perspektif Baru Pada Setiap Kejadian

Berpikir secara berlebihan, selain dapat mengganggu kesehatan, juga dapat mengganggu pola produktivitas yang Anda miliki. Seseorang akan terjebak di satu tempat dengan hanya memikirkan “kenapa harus begini?”, “bagaimana jika nanti begitu?” atau “andaikan begini, dan begitu”. Akibatnya daya tahan tubuh melemah, gangguan tidur muncul, hingga gangguan pada sistem pencernaan dan nafsu makan. Dengan banyaknya dampak buruk bagi tersebut, maka coba redamkan pikiran, fokus untuk menyelesaikan masalah yang terjadi dan menerima kondisi diri. Dengan begitu, Anda dapat membantu diri sendiri untuk meminimalkan dampak buruknya. Berikut ini beberapa tips lain yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi overthinking:

Segera Temukan Jalan Keluarnya

Terjebak dengan pikiran yang itu-itu saja ditambah dengan kekhawatiran tertentu pasti sangatlah menyiksa. Padahal, kita diberikan sumber daya otak dan akses pikiran yang begitu luas untuk dapat memikirkan banyak hal yang dapat memberdayakan kita. Salah satu cara mengatasi overthinking adalah dengan segera mencari jalan keluarnya atau temukan solusi dari apa yang Anda pikirkan sesegera mungkin. Hal ini bisa dilatih dengan sikap berani mencoba hal baru, memperluas zona nyaman Anda, dan berani mengambil tindakan nyata daripada hanya sekadar berpikir.

Cara lain untuk mengatasi overthinking adalah dengan melawan ketakutan yang muncul. Anda perlu menyadari bahwa setiap kejadian yang terjadi dalam hidup kita, sebagian besar berkat tindakan kita, namun ada sebagian kecil lainnya yang di luar kendali manusia. Hal-hal tersebut di luar daripada usaha yang telah kita lakukan. Sehingga yang paling penting dalam menghadapi setiap kejadian adalah dengan memperhatikan bagaimana respon yang kita munculkan.

Mengakui Sebuah Kejadian

Anda bisa mencoba untuk memikirkan sejenak apa yang sebenarnya membuat Anda menjadi overthingking. Sebisa mungkin cobalah untuk jujur dengan diri sendiri atas apa yang sedang Anda rasakan, jangan menolak atau mengabaikannya. Karena hal tersebut kadang membuat diri Anda semakin memikirkan kejadian yang membuat Anda overthinking. Jujur dengan diri sendiri adalah tahap yang sangat penting untuk dilakukan, dengan harapan, Anda bisa berpikir lebih jernih dalam mengambil sebuah keputusan.

Menuliskan Apa yang Sedang Anda Pikirkan

Seringkali pikiran kita menjadi seolah sangat penuh karena tidak dikeluarkan secara bertahap. Anda tentu tahu bahwa sesuatu yang terlalu lama dipendam atau disimpan pun tidak baik. Seperti halnya makanan yang Anda konsumsi, bayangkan bagaimana jadinya jika Anda tidak mengeluarkannya dari dalam tubuh selama berhari-hari? Ya, pasti sakit perut, sembelit, hingga susah buang air, bukan? Begitu juga degan pemikiran yang setiap hari berkecamuk di kepala Anda. Jika Anda tidak memiliki orang yang tepat untuk berbagi pemikiran tersebut, ada cara lain yang dapat menjadi alternatifnya. Yaitu dengan menulis. Benar, tuliskanlah apapun yang tengah Anda pikirkan pada secarik kertas, maka hal tersebut akan membantu kita untuk sedikit lebih rileks.

Berlatih untuk Hadir Saat Ini dengan Teknik Mindfulness

Mindfulness mengajarkan seseorang untuk sepenuhnya sadar, hadir, dan fokus pada kondisi saaat ini. Cara ini membutuhkan latihan yang panjang untuk menjaga sikap mindful, yang dapat membantu mengurangi overthinking. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melatih mindfulness ini, salah satunya dengan menikmati makan siang Anda dengan penuh perhatian serta mengabaikan aktivitas lainnya ketika Anda sedang makan. Atau bisa juga dengan jalan-jalan di tempat yang nyaman sembari memperhatikan secara utuh lingkungan di sekitar Anda.

Itulah beberapa penjelasan terkait dengan overthinking, mulai dari pengertiannya, dampak buruknya, hingga tips-tips untuk mengatasi overthinking. Mulai sekarang, mari lebih sayangi diri Anda dengan mengurangi kebiasaan overthinking. Berpikirlah sewajarnya, lakukan apa yang Anda mampu untuk lakukan, serta belajarlah untuk selalu mengontrol pikiran dan respon Anda.

Baca artikel kami yang lainnya pada link berikut ini. Kunjungi juga media sosial kami pada link berikut.

Open chat
Halo, Saya Admin KLTC
Ada yang bisa kami bantu?