4 CARA MENGATASI KETAKUTAN BERBICARA DI DEPAN UMUM

Sekitar 12 tahun yang lalu, saya menemukan diri saya mengalami kendala yang sama dengan apa yang kebanyakan orang lalui hari ini, yaitu “KETAKUTAN BERBICARA DI DEPAN UMUM”. Hal tersebut sebenarnya adalah hal yang wajar dan manusiawi, seiring berjalannya waktu dengan tekad yang kuat untuk belajar dan motivasi tinggi untuk mempraktikan apa yang telah dipelajari dikelas Public Speaking kami, niscaya ketakutan tadi akan hilang dengan sendirinya.

 

“Semua pembicara hebat adalah pembicara yang buruk pada awalnya.”

-Ralph Waldo Emerson

 

Berbicara tentang Public Speaking, Baru-baru ini saya membagikan pengalaman saya di depan para peserta Program Unlimited Public Speaking tentang 4 cara mengatasi ketakutan berbicara di depan umum. silahkan Anda simak poin-poinnya :
1. Atasi ketakutan Anda.
Sejatinya ketakutan berasal dari pikiran kita sendiri, tidak ada satupun hal di dunia ini yang mampu membuat Anda takut kecuali jika pikiran Anda mengijinkan hal tersebut terjadi. Maka, atasilah segera rasa takut itu dengan menguasai pikiran dan perasaan sehingga Anda mampu menjadi Tuan atas diri Anda sendiri.

 

2. Tingkatkan rasa percaya diri Anda.
Ketika Anda telah berhasil mengelola ketakutan yang berada didalam pikiran dan perasaan Anda maka saat itu juga secara alamiah rasa percaya diri Anda akan meningkat luar biasa. Anda bisa merasakan kepercayaan diri Anda muncul menemani Anda. Hal ini dikarenakan hormon endorphine dalam tubuh mulai terproduksi dalam jumlah yang cukup sehingga meredakan hormon adrenaline yang muncul saat Anda grogi.

 

3. Kuasai Topik Anda
Saya percaya Anda sering mendengar ini sebelumnya, menguasai topik pembicaraan memang menjadi salah satu cara ampuh untuk menampilkan kemampuan public speaking yang excellence. Bayangkan apa jadinya jika Anda sedang berbicara di depan umum namun ternyata Anda sendiri tidak menguasai apa yang sedang Anda bicarakan. Kacau, jangan pernah seperti itu pastikan Anda menguasai topik Anda secara optimal.

 

4. Libatkan Audiens Dengan Empati Anda
Apakah Anda pernah mendapat tips entah dari buku, artikel atau seseorang tentang bagaimana mengatasi gugup dan grogi saat dipanggung? biasanya banyak sekali tips-trik yang cukup terdengar meyakinkan namun sebenarnya malah salah kaprah ketika dijalankan, salah satunya adalah anggapan bahwa dengan menganggap audiens Anda adalah sekumpulan patung maka secara otomatis Anda akan merasa nyaman karena Anda sedang berbicara di depan patung. namun benarkah demikian? mungkin bagi Anda yang sedang berbicara di depan panggung hal tersebut cukup lumayan membantu mengurangi kekhawatiran Anda terkait sorotan mata para audiens Anda tapi percayalah hal yang sangat berbeda akan dialami oleh audiens Anda.

Coba Anda bayangkan, Apakah Anda mau menghadiri suatu acara seminar, talkshow dan ceramah dimana pembicara pada acara tersebut terkesan seperti sedang berbicara sendiri dan tidak pernah sekalipun melibatkan Anda dan audiens lain dalam suatu proses dialognya. tentu hal ini adalah hal yang kurang tepat. Cobalah untuk melibatkan audiens Anda meskipun diawal hal ini membutuhkan usaha ekstra, namun yang jelas dengan Anda melibatkan audiens Anda secara otomatis mereka akan merasa dianggap “ADA” disana dan menjadi bagian dari acara yang sedang berlangsung. selain itu Anda juga dapat melakukan eye contact secara seimbang untuk meningkatkan trust dan ketertarikan Audiens Anda. Selamat Mencoba.

 

 

Salam Transformasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Halo, Saya Admin KLTC
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by